Mengenal Open SID

 

OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang dibangun untuk meningkatkan dan memajukan tatakelola desa secara online sesuai perkembangan zaman. OpenSID ini dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID dan diharapkan dapat membantu desa dalam beberapa hal berikut:
  1. Kinerja kantor desa lebih efisien dan efektif
  2. Pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel
  3. Layanan publik lebih baik
  4. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
Dari situs pusatnya (https://opensid.my.id) bahwa OpenSID ini bebas diperoleh tanpa pendaftaran atau persyaratan yang rumit, jadi dapat dibilang OpenSID disebarluaskan secara gratis. Lebih bagusnya lagi bahwa sistem OpenSID rutin disempurnakan dan dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID yang terdiri dari para programer profesional yang sama-sama memiliki misi pengembangan desa. Dalam pengembangannya, pengguna umum juga dapat berperan langsung untuk mengarahkan dan memberi masukan terkait penambahan dan perbaikan fitur yang dimiliki OpenSID.

Komunitas Pengguna OpenSID sudah tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Jawa sampai Papua. Mereka semua bergabung dan berkomunikasi besama melalui media Facebook, Telegram, Instagram dan Github. 

0 Comments