Siskeu BUMDES - Sistem Keuangan Badan Usaha Milik Desa

 

Siskeu Bumdes adalah aplikasi  berbasis web  yang didesain untuk memudahkan para pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam pencatatan dan pelaporan keuangan Bumdes dan unit-unit usaha di bawahnya. Hal ini sangat penting karena kegiatan bisnis BUMDes dijalankan secara komputerisasi dan online real time, sehingga lebih efektif, efisien sekaligus memiliki laporan keuangan yang akurat .

Beberapa kelebihan Siskeu Bumdes ini adalah sistem didesain secara fleksibel untuk digunakan pengelola Bumdes sesuai kebutuhannya. Bumdes dapat membuat berbagai jenis unit usaha dengan sistem pelaporan keuangan masing-masing dan neraca secara terpisah, sehingga setiap unit usaha Bumdes memiliki akses untuk mengelola pelaporan keuangannya sendiri sekaligus dapat terpantau secara online dan real time. Siskeu Bumdes juga sudah menyesuaikan standar akuntansi sehingga pelaporannya akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan. Interface (UI) dan penggunaanya pun didesain agar ramah pengguna (user friendly) sehingga siapa saja akan dapat memakai  dengan mudah, baik bagi seorang akuntan maupun masyarakat awam. 

Fitur Siskeu Bumdes

  1. Dashboard laporan 
  2. Fitur investasi
  3. Laporan standar akuntansi
  4. Transaksi fleksibel
  5. Penyusutan otomatis
  6. Penguncian transaksi
  7. Unit usaha tidak terbatas
  8. Transaksi fleksibel
  9. Nyaman dan mudah
  10. Multi fungsi
  11. Pengaturan sharing profit
  12. Hutang-piutang
  13. Upload nota transaksi
  14. Multi level user
  15. Export dokumen PDF / Excel

Kemudahan dan Kenyamanan
Siskeu Bumdes memberi kelebihan kepada pengguna dalam menggunakan perangkatnya karena dapat dibuka menggunakan laptop, gadget atau perangkat lainnya. Fleksibelitasnya membuat sistem dapat diterapkan di berbagai unit usaha. Siskeu Bumdes memang dibangun untuk memberi kemudahan dan fleksibilitas pengguna.

Fitur Dashboard
Fitur dashboard menampilkan data-data yang bersifat informasi penting, dari semua kegiatan transaksi keuangan seperti data pengeluaran, pemasukan, tagihan, rekapitulasi keuangan, dan informasi terkait karyawan aktif di BUMDES.

Transaksi Fleksibel
Transaksi di Siskeu Bumdes sangat fleksibel baik dilakukan secara manual atau secara otomatis. Pengguna dapat diberikan akses sesuai level dan posisinya apakah sebagai bendahara, manager, atau operator lainnya. Untuk masyarakat yang awam akuntansi juga bisa diberikan akses yang transaksinya sudah dikunci oleh admin sehingga tidak salah dalam melakukan pencatatan keuangan.


Fitur Investasi
Fitur Investasi termasuk hal yang menarik dari Siskeu Bumdes karena warga dan pihak ketiga dapat menanamkan modalnya di Bumdes dengan keuntungan yang fair. Warga yang sudah setor investasi akan dapat memantau perkembangan investasinya, menurun ataupun naik. User juga dapat melihat unit usaha apa saja yang dibuka untuk publik dalam berinvestasi sekaligus dapat melakukan simulasi proyeksi keuntungan yang akan didapatkan.

Standar Akuntansi
Sistem dan alur pelaporan keuangan di Siskeu Bumdes dibangun sesuai standar akuntansi yang dibutuhkan dalam sebuah lembaga usaha. Dengan demikian pelaporan keuangannya dapat dipertanggungjawabkan secara publik. Laporan keuangan di Siskeu BUMDES meliputi: jurnal harian, neraca, neraca lajur, laba-rugi, buku besar, ekuitas, dan penyusutan.


Fitur penyusutan
Fitur penyusutan memudahkan pengelola BUMDes dalam pencatatan keuangan terkait aset yang mengalami penyusutan. Pencatatan keuangann dapat dilakukan secara otomatis dalam durasi waktu yang ditentukan. Maka setiap bulan, user tidak perlu malakukan input penyusutan tetapi cukup diatur di awal dan dijadwalkan ada transaksi penyusutan setiap bulan.

Penguncian Transaksi
Siskeu BUMDES memberikan fitur penguncian (lock) dimana kegiatan transaksi dapat dikunci untuk diterapkan (assigned) pada pengguna tertentu sehingga user tersebut hanya melakukan input keuangan yang sudah diatur oleh admin. Ini sangat berguna agar petugas pencatatan tidak melakukan kesalahan input karena kegiatan penjurnalannya sudah diatur sesuai tugas yang diberikan.

Unit Usaha Tidak Terbatas
Bumdes dapat dengan mudah membuat sistem keuangan untuk setiap unit usaha yang dikelola dan masing-masing unit tersebut akan memiliki sistem pelaporan secara terpisah namun tetap terintegrasi dengan laporan keuangan Bumdes. Pengelola Bumdes dapat melihat arus keuangan dan perkembangan bisnis yang dijalankan oleh masing-masing unit usaha.

Pengaturan Laba
Siskeu Bumdes dapat mengikuti skema distribusi hasil usaha yang biasanya didistribusikan ke beberapa bagian seperti PAD, komisaris, pengawas, pelaksana operasional dan seterusnya. Siskeu Bumdes akan menyesuaikan kebijakan Bumdes untuk mengatur persentase pembagian yang menjadi kebijakan Bumdes. Estimasi PAD dan bagi hasil yang diperoleh Bumdes dapat diketahui secara dinamis menyesuaikan kegiatan usaha Bumdes.



Kontak & Support

  • BUMDES KADJEN
  • Jl. KH Ahmad Mutamakkin, Balai Desa Kajen Margoyoso Pati
  • Email : bumdeskadjen@gmail.com
  • Telp / WA : 085326052244
  • Website : www.bumdesa.web.id

                            Post a Comment

                            0 Comments