Sembilan Nominator Inovasi Ini Ikuti Coaching Oleh Bappeda Pati


Ada sembilan nominator diundang oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pati untuk diberikan sosialisasi dan coaching terkait persiapan di ajang kompetisi inovasi di tingkat provinsi tahun 2022 (6-7/06/2022). Nominator tersebut akan menjadi peserta lomba Krenova dan penjaringan inovasi masyarakat tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili Pemerintah Kabupaten Pati. 

Coaching didampingi oleh Wiwik Srihartini dari Bappeda dan bapak Dhaniel dari kalangan akademisi. Selama dua hari, peserta diberi pembekalan terkait penyusunan proposal yang harus dibuat secara serius mengikuti aturan dan petunjuk penyelenggara. Produk inovasi yang dibuat juga harus disiapkan dengan baik sehingga bisa dipahami sebagai karya yang inovatif. Aspek inovatif yang menjadi poin penting harus dapat dimunculkan, baik secara tekstual dalam bentuk proposal maupun dari sisi visual.

Sembilan inovasi yang menjadi nominator mewakili Kabupaten Pati ini adalah:

  1. "Aplikasi Tuberculosis Cleaner Versi Update (Sebagai Upaya Optimalisasi Penanganan TB di Desa Kayen Selama Pandemi Covid-19)" karya Betty Shinta Indriani, Bagas Nur Ardianto, dan Diah Kusuma Wardani.
  2. "Essential Oil Distillation Technology Rancang Bangun Mesin Produksi Kimia Minyak Atsiri Untuk Industri Kecil dan Menengah" karya Muhammad Dody Setyawan.
  3. "Chanosista Sistem Kontrol Kualitas Tambak Ikan Bandeng (Chanos-chanos) Berbasis IoT karya Endang Sawitri, Wakhid Kurniawan dan Moh Zaenal Arifin.
  4. "Siskeu BUMDES - Solusi Praktis Membangun Profesionalitas Badan Usaha Milik Desa karya Isyrokh Fuaidi dan Abdul Cholick.
  5. "Pembuatan Tepung Tapioka Modifikasi Hidrolisis Asam Laktat dan Photokimia UV Matahari" karya Nia Kartika Putri, Fitria Misbakhatul Kasanah dan Najma Tsaqib.
  6. "Si Fictor Stick (Modernisasi Galah Tradisional Menggunakan Artificial Sensor Seperti Hewan Kalong Buah (Pteropus sp) karya Berry Shinta, Moh Bait Syifaul Qouzin dan Feri Permana.
  7. "Pemanfaatan Biji Durian Sebagai   Absorben Teraktivasi" karya Sriatun, Novialita dan Wiam Numaa.
  8. "Co-Bios - Solusi Bio Kontainmen Parasit Penyebab Lower Feed Conversion Rate (FCR) Ayam Broiler" karya Ahmad Aqim Akhyar dan Wahyu Ilham Maula.
  9. "Sambal Mangstab : Modernisasi Produk Inovasi Sambal Ikan Manyung Asap Sebagai Upaya Pemaksimalan Bahan Lokal Khas Kabupaten Pati" karya Dika Alif Kurniawan, Siti Asiah, dan Dimas Saputra.


Post a Comment

0 Comments