Siskeu Bumdes Perkaya Fitur Sesuai Kebutuhan Pelaporan


Sistem Keuangan Bumdes (Siskeu Bumdes) terus-menerus mengalami perbaikan dan penambahan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaporan keuangan badan usaha milik desa. Hal ini terlihat dari paparan direktur Bumdes Kadjen Isyrokh Fuaidi bersama tim programmer Siskeu Bumdes dalam pertemuan virtual melalui zoom meeting (20/05/2022).

Isyrokh memberikan beberapa ide terkait pengembangan fitur-fitur yang perlu dilakukan. Hal itu meliputi penyematan fitur transaksi otomatis (auto debet atau auto kredit), fitur tagihan dan pembayaran, fitur monitoring perkembangan keuangan dan aset, singkronisasi pembagian laba pada tiap unit usaha, dan model penyajian laporan yang mudah dibaca oleh masyarakat.

Implementasi Siskeu Bumdes secepatnya akan diterapkan pada pertengahan sampai akhir tahun 2022 sehingga akan efektif pada awal 2023. Pada tahap awal adalah masa ujicoba (trial and error) sehingga beberapa hal akan mengalami perbaikan dan penyempurnaan. Tetapi dalam laporan pertanggung jawaban tahun 2022, Siskeu Bumdes sudah bisa dipakai dan disimulasi untuk pengurus Bumdes dan disosialisasikan kepada pemerintah desa.

Post a Comment

0 Comments