Jauh dari SPBU, BUMDes Gerit Dirikan Pertashop dari Iuran Warga dari SPBU, BUMDes Gerit Dirikan Pertashop dari Iuran Warga


By Ahmad - 01 Februari 2022  1161

Pati, Gatra.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sekar Aji Rahayu, Desa Gerit, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), mendirikan Pertashop sebagai upaya peningkatan taraf ekonomi warga setempat.

Pertashop sendiri menjadi pilihan pengembangan usaha, mengingat lokasi desa yang berada di ujung Kabupaten Pati bagian utara, sulit untuk mengakses Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Dengan demikian, makin memudahkan warganya mendapat bahan bakar minyak (BBM) dengan harga relatif murah dibading di tingkat pengecer biasa.

Kepala Desa Gerit, Muhiyin mengatakan, untuk pembiayaannya pendirian pertashop sendiri menghabiskan anggaran Rp515 juta, yang bersumber dari penyisihan keuntungan Bumdes ditambah iuran dari masyarakat. Di mana keberadaan Pertashop memang dikehendaki oleh warga setempat.

"Karena lokasi desa kami dengan SPBU itu jauh, jadi ada terobosan dari pemerintah program Pertashop kami ikut untuk mendaftar secara online. Ini dikelola Bumdes atau unit usaha desa, karena kalau pemerintah desa kan tidak mungkin. Terkait dengan pembiayaan dengan berbagai pihak akhirnya iuran. Sampai akhirnya berdiri," ujarnya, Selasa (1/2/2022).

Sementara, Ketua Bumdes Sekar Aji Rahayu, Lasmin menambahkan, sebagai salah satu bentuk pemberdayaan yang tidak mematikan usaha masyarakat yang sudah berjalan, pihaknya membuatkan kartu anggota, agar masyarakat yang selama ini berjualan BBM secara ecer tetap bisa tetap berusaha. Tentunya dengan selisih harga yang berbeda.

Unit usaha Pertashop ini imbuhnya, merupakan pengembangan dari usaha simpan pinjam yang dikelola oleh Bumdes Sekar Aji Rahayu. "Saya berkeinginan supaya mendapatkan keuntungan yang signifikan, sehingga bisa memberi pendapatan asli daerah (PAD) desa yang lebih banyak. Tentunya ada manfaatnya untuk desa. Dan agar bisa melangkah lebih maju lagi dengan usaha lain," terang Lasmin.

Camat Cluwak, Agus Purwanto mengapresiasi adanya Pertashop di Desa Gerit. "Saya merasa bangga dengan Bumdes Sekarang Aji Rahayu yang berani melakukan loncatan luar biasa. Terobosan ini tidak semua Bumdes berani melakukan," katanya.

Sumber: https://www.gatra.com/news-534825-Ekonomi-jauh-dari-spbu-bumdes-gerit-dirikan-pertashop-dari-iuran-warga.html

Post a Comment

0 Comments