Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Buat Video Dokumenter Tentang Badan Usaha Milik Desa

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermades) Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Bumdes Kadjen dalam rangka pembuatan video dokumenter tentang usaha yang dikembangkan oleh Bumdes (12/05/2022). Hasil dokumenter ini akan ditayangkan di stasiun TV untuk mempublikasikan produk-produk dan potensi ekonomi di desa desa.

Beberapa desa yang menjadi objek dokumenter ini adalah desa Kajen dan Pekalongan. Dengan didampingi Dispermades Kabupaten Pati, unit-unit usaha yang menjadi garapan Bumdes Kadjen dibuat liputan agar dapat terekspose ke luar. Unit usaha Bumdes Kadjen meliputi produk oleh-oleh dan batik khas Kajen, internet desa, layanan ekspedisi dan transportasi.

Kegiatan dokumenter ini dilakukan untuk mengangkat Bumdes-Bumdes di Jawa Tengah dari sisi produk, pengembangan usaha, maupun dampak ekonomi dalam pemberdayaan masyarakat.

Dalam sesi wawancara dengan Direktur Bumdes Kadjen Isyrokh Fuaidi, ia menyampaikan bahwa kemajuan desa saat ini tidak bisa dimonopoli oleh desa-desa tertentu, melainkan semua desa memiliki potensi yang sama untuk maju dan berkembang. Perhatian pemerintah dari segi kebijakan dan undang-undang semuanya mengarah pada pembangunan desa.




Post a Comment

0 Comments