Pentingnya Rumah Online di Bumdes


Rumah online adalah tempat untuk menampung segala informasi seperti media sosial, website, content video, tempat penyimpaman, atau platform lain dengan berbagai fitur yang berbeda-beda. Rumah online hampir menjadi kebutuhan dasar bagi setiap perusahaan atau lembaga di zaman sekarang, baik untuk memaksimalkan pola kerja, sosialisasi, atau kegiatan pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Sederhananya rumah online adalah cloud computing dimana cara kerjanya memanfaatkan teknologi internet dan penyimpanan virtual.

Secara fungsi, rumah online memang memiliki banyak manfaat dan kelebihan meliputi terciptanya pola kerja yang cepat, mudah, murah, efektif sekaligus efisien. Salah satu tolok ukur kemajuan dan profesionalitas sebuah lembaga saat ini juga bisa diukur dari tersedianya sarana kerja yang dipakai, apakah dilakukan dengan cara manual atau berbasis digital dan online. Dengan pola kerja berbasis online, kecepatan kerja dapat dioptimalkan dan semakin canggih infrastruktur yang diterapkan maka semakin cepat pula hasil kerjanya karena didukung dengan sistem otomasi yang serba canggih.

Hal ini lah yang perlu dilakukan oleh lembaga apapun di era metaverse yang semuanya berbasis cloud dan artificial intelligence. Bagi Bumdes, hal ini juga menjadi kebutuhan dasar untuk diterapkan karena di Bumdes pasti akan mengelola unit usaha yang berkaitan dengan pengelolan keuangan. Tata kelola keuangan yang tidak mampu disajikan secara online menunjukkan kurangnya transparansi sehingga tidak dapat dipantau secara langsung oleh para stakeholders.

Post a Comment

0 Comments