Ciri-Ciri Unit Usaha Bumdes Yang Maju

Ciri-ciri sebuah unit usaha maju adalah dalam perkembangannya mampu menghasilkan profit yang bisa dinikmati oleh para stakeholders dan pemilik sahamnya. Aset yang dikelola juga mengalami peningkatan secara bertahap. Sebuah usaha yang maju tentu juga berdampak pada tatakelola yang lebih besar, bertambahnya kumlah karyawan dan infratsruktur yang memadai.

Dalam konteks Bumdes, usaha yang maju harus diikuti dengan adanya transparansi manajemen, baik terkait lembaga Bumdes maupun unit-unit usaha yang dikelola. Keterbukaan informasi mutlak dibutuhkan karena aset Bumdes adalah aset msyarakat yang manfaatnya juga harus dirasakan oleh masyarakat. Jika sebuah usaha dikelola secara pribadi maka ukuran majunya bisa cukup diukur dengan adanya manajemen bisnis yang profesional, tetapi dalam unit usaha Bumdes maka majunya harus ditunjukkan dengan tatakelola yang terbuka secara publik dalam lingkup desa.

Keterbukaan informasi ini meliputi perkembangan masing-masing unit usaha, tatakelola keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan (auditable), pembagian pendapatan sesuai kesepakatan Musdes dan AD ART, pelaporan yang dilakukan secara berkala sesuai aturan yang ada. 

Post a Comment

0 Comments