Potensi Desa Kajen Kec Margoyoso



Desa akan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki meliputi semua sumber daya alam dan sumber daya manusia di desa. Sumber daya tersebut merupakan modal dasar yang nantinya dapat dikelola dan juga dikembangkan demi kepentingan, kelangsungan dan perkembangan desa. Oleh sebab itu, menggali potensi desa harus dilakukan secara serius dengan melihat keadaan masyarakat dan kondisi desa secara menyeluruh. 

Kajen secara geografis merupakan area perkampungan padat penduduk seluas hanya 64 ha. Oleh sebab itu, Kajen tentu tidak memiliki banyak kekayaan alam yang dapat dikembangkan secara ekonomi. Meski demikian Kajen ditempati banyak lembaga pendidikan dan pesantren sehingga menyebabkan padatnya penduduk meliputi penduduk asli Kajen sebanyak 5221, santri menetap 8000 dan pelajar sekitar 5000. Padatnya penduduk dan pendatang ini menyebabkan menjamurnya pedagang makanan, toko, outlet minuman, dan beberapa usaha lain yang dapat meningkatkan ekonomi warga.

Banyaknya pondok pesantren dan lembaga pendidikan menjadikan Kajen populer sebagai desa santri dan pendidikan. Dari sejarahnya memang Kajen memiliki tokoh-tokoh agama dan intelektual yang kharismatik seperti KH Abdullah Salam, KH Sahal Mahfudz, KH Fayumi Munji, KH Nafi' Abdillah, dll. 

Potensi lain di Kajen dapat diihat dari aspek wisata reliji mengingat di Kajen terdapat makam waliyullah KH Mutamakkin dimana setiap harinya selalu diramaikan oleh peziarah dari masyarakat sekitar maupun dari luar daerah.

Post a Comment

0 Comments