Dorong Produk Herbal dan Minuman Sehat, Bumdes Kadjen Bersinergi Dengan Jurusan Farmasi SMK Cordova

 


Sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga, Bumdes Kajen menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak baik dari warga, UMKM maupun lembaga-lembaga di Kajen yang memiliki potensi ekonomi dan pengembangan masyarakat. SMK Cordova jurusan Farmasi menjadi salah satu pihak yang memiliki potensi ekonomi desa. 

Selain produk-produk keahlian yang dihasilkan, SMK Cordova memiliki spirit menjaga kearifan lokal dengan meneladani tokoh perempuan Kajen yang juga ahli herbal yaitu Nyai Alfiyah atau Mbah Godeg. Produk-produk yang dihasilkan meliputi sirup telang, sirup rosella, teh bunga telang, kunyit asam, serbuk jahe, serbuk temulawak, dan minuman ringan sehat. Produk dan karya yang dihasilkan merupakan upaya meneruskan perjuangan Mbah Alfiyah yang memiliki keahlian dalam meracik obat herbal. 

Dalam pertemuan antara Bumdes Kajen dengan pihak SMK Cordova (2/11/21), beberapa poin kerjasama akan dilakukan untuk mengembangkan potensi ekonomi desa melalui Bumdes. Bumdes Kajen selain menjadi mitra dalam mengembangkan produk-produk tersebut juga mengawal publikasi karya tulis tentang biografi Mbah Alfiyah yang sedang digarap oleh SMK Cordova. 

Jadi tidak hanya kegiatan penguatan ekonomi, kolaborasi ini juga memiliki misi mengangkat budaya dan kearifan lokal yang dimiliki desa Kajen. Nyai Alfiyah merupakan ulama perempuan sekaligus putri dari waliyullah Kajen yang masyhur yakni Mbah Ahmad Mutamakkin.

Pertemuan dihadiri oleh Direktur Bumdes Kajen Isyrokh Fuaidi, Ketua Jurusan Farmasi SMK Cordova Zuliana Mufarrihah dan beberapa guru pendamping lapangan.

Post a Comment

0 Comments