Diskominfo Pati Kawal Desa Kajen Agar Lebih Berdaya


Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pati melakukan kunjungan di desa Kajen Kecamatan margoyoso Kabupaten Pati sebagai desa dampingan dalam program pemerintah terkait Gerakan Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Satu Desa Dampingan (10/11/21). Kunjungan ini merupakan sosialisasi awal yang disambut oleh jajaran pemerintahan desa yaitu Kepala Desa Sekretaris Desa, dan para Kasie, kemudian pendamping desa dan dari Badan Usaha Milik Desa.

Abdul Aniq dari Diskominfo Pati menyampaikan bahwa tujuan program ini untuk melakukan pendampingan desa dalam rangka perbaikan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), penanggulangan kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat sesuai potensi masing-masing desa. 

Dengan adanya program ini, harapannya desa dampingan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki dan kondisi ekonomi masyarakatnya meningkat dari pra sejahtera menjadi sejahtera. Fungsi OPD adalah sebagai pendamping dan fasilitator terkait inovasi dan program pemberdayaan ekonomi yang muncul di masyarakat. Program bersama antara pemerintah daerah dengan pemerintahan desa ini sebagai upaya untuk mengurangi angka kemiskinan.

Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan inventarisasi kondisi dan permasalahan yang terjadi di masyarakat baik upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintahan desa maupun kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Dengan tergalinya informasi terkait permasalahan dan potensi desa, maka setelah itu dapat dilakukan program pendampingan sesuai kebutuhan masyarakat.

Post a Comment

0 Comments