Bumdes Lakukan Penggalian Potensi Lokal Desa Kajen

 


Dalam rangka memaksimalkan segala peluang ekonomi desa, Bumdes Kadjen melakukan pendataan menyeluruh terkait potensi yang dimiliki masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menggali semua potensi desa Kajen yang dapat meningkatkan dan mendorong sektor usaha masyarakat. Dengan tergalinya potensi ini, beberapa program usaha di lingkungan Bumdes akan diarahkan ikut membantu pengembangan usaha milik warga baik dari segi produksi, tatakelola, maupun pemasaran produknya.

Selain potensi usaha, produksi dan perdagangan, potensi skill SDM masyarakat juga akan diidentifikasi karena perkembangan sektor usaha saat ini semakin beragam. Pekerjaan yang menghasilkan jasa menjadi salah satu bidang usaha penting di dunia modern. Jasa bisa mencakup produk layanan yang disediakan oleh perusahaan tertentu atau bisa berupa layanan yang dihasilkan dari skill perorangan warga. Jasa berbasis skill ini meliputi profesi guru, sopir, pengantar anak sekolah, tenaga rewang, tenaga bersih-bersih, asisten rumah tangga, cuci motor panggilan, potong rambut, tukang batu, tukang listrik, tukang pijat, dan servis komputer/HP.

Sektor jasa dalam lingkup pedesaan tentu menyesuaikan kondisi dan potensi masyarakat setempat, lebih khususnya desa Kajen yang secara geografis tidak memiliki lahan yang luas. Meski demikian Kajen ditempati banyak lembaga pendidikan dan pesantren. Selain itu, kepadatan penduduk dan menjamurnya pedagang makanan memunculkan beberapa peluang usaha yang dapat dimaksimalkan untuk peningkatan ekonomi warga.

Secara teknis, pendataan melibatkan beberapa mahasiswa yang sedang melakukan KKL di desa Kajen yang akan turun langsung di masyarakat. Pendataan dilakukan secara sederhana dengan memanfaatkan formulir online yang dapat diisi oleh warga Kajen. Warga yang memiliki bidang usaha khususnya produk yang berciri khas Kajen sekaligus menarik dari sisi kemasan akan lebih diutamakan dan dapat dibantu oleh Bumdes dari segi pemasaran.

Post a Comment

0 Comments