Bersinergi Membangun Ekonomi Desa


Bumdes Kadjen secara bertahap menjalin kolaborasi dengan beberapa pihak di desa Kajen untuk membangun ekonomi desa. Sementara ini lembaga yang sudah berkolaborasi adalah SMK Cordova Jurusan Farmasi dan Kimia Industri, SMK Salafiyah Jurusan Tata Busana. Banyak pihak nantinya akan menjadi mitra pengembangan ekonomi desa yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga oleh lembaga-lembaga di desa Kajen seperti lembaga pendidikan, pesantren, lembaga pemerintahan, dan kelompok organisasi masyarakat. 

Persiapan untuk mempromosikan produk SMK pun sudah dilakukan meliputi produk makanan, minuman, kesehatan, sabun dan kain batik khas Kajen. Produk-produk tersebut akan dipasarkan oleh Bumdes dan dikembangkan dari segi kualitas dan kuantitasnya. Peluang pasar yang besar dianitisipasi oleh Bumdes dengan menguatkan aspek produsen dan bahan bakunya.


Bumdes juga menjaring potensi masyarakat secara umum baik dari individu warga maupun komunitas dan UMKM. Produk yang asli khas Kajen akan masuk di lapak Abu Nawas Shop milik Bumdes yang memang menyediakan produk oleh-oleh khas Kajen. Sedangkan produk yang bukan asli Kajen seperti produk reseller dari luar Kajen nanti akan dibantu pengembangannya sesuai dengan unit usaha Bumdes.

Dengan terserapnya potensi ekonomi desa diharapkan memberi dampak peningkatan ekonomi secara optimal dan berguna di masyarakat Kajen. Bumdes memiliki niat besar untuk menaikkan kondisi masyakat dari pra sejahtera menjadi desa yang sejahtera. Dengan terbukanya lapangan pekerjaan maka harapannya semua itu bisa terwujud.







Post a Comment

0 Comments