Sharing Pengelolaan Sampah, Bumdes Kedalingan Tambakromo Kunjungi Bumdes Kajen


Sejumlah perwakilan dari Bumdes desa Kadalingan Kecamatan Tambakromo mengunjungi Bumdes desa Kajen untuk sharing terkait tatakelola sampah dan pengembangannya (29/7/2021). Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari perangkat desa, jajaran Bumdes Kajen khususnya unit usaha Resik Apik yang menangani pengelolaan sampah. Para pendamping desa (PD) juga aktif memberi pendampingan selama acara. Pendamping desa yang hadri meliputi Endang Susanti dari PLD Kec Tambakromo, Rahmi Umayanti dari PLD Kec Tambakromo, dan Naffah Aminuddin dari PD Kec Margoyoso. Sementara dari Bumdes Kadalingan adalah Zumala Laeli dan Aris.

Pengelola Resik Apik Syahid Nurbaya menyampaikan dengan runtut terkait awal mula berdirinya bank sampah di Kajen dan tatakelolanya supaya berkembang. Beberapa hal-hal yang harus disiapkan adalah adanya SDM yang menggarap secara serius karena tata kelola sampah melalui rangkaian proses yang panjang mulai dari penyedian infrastruktur, sosialisasi kepada warga, sampai perlunya regulasi desa yang mendukung jalannya usaha sampah.

Sementara Ketua Bumdes Kajen Isyrokh Fuaidi menyambut baik forum sharing ini dan menawarkan secara terbuka apabila nanti terjalin kerjasama antar Bumdes dalam program peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Jika program pengembangan ekonomi berbasis desa dilakukan secara bareng-bareng antar Bumdes tentu cost operasional lebih ringan dan dampak manfaatnya bisa lebih luas.




Post a Comment

0 Comments